OBJEK WISATA DI SAMOSIR 3

OBJEK WISATA DI SAMOSIR 3

OBJEK WISATA DI SAMOSIR 3

1453 Page view

... Lanjutan

Pulau samosir, siapa yang tidak pernah mendengar nama pulau ini lagi. Pulau yang besar di tengah Danau toba ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia dan Dunia.

Batu Sawan



Obyek wisata Batu Sawan terletak di Desa Sarimarrihit Kec. Sianjur Mula-mula sekitar 12 Km  dari ibukota Pangururan, tempat ini memiliki batu besar yang bentuknya seperti cawan dan berisi air dengan rasa jeruk purut. Konon menurut legenda, Batu Sawan dibuat oleh Mulajadi Nabolon untuk menguras Si Raja Uti ketika masih bernama si Raja Biakbiak agar bisa memiliki bentuk tubuh yang sempurna. Dari Puncak Pusuk Buhit air murni mengalir melalui batu marsada dan masuk ke Batu Sawan yang kemudian berubah rasa menjadi rasa jeruk puruk (anggir) tetapi warna tetap jernih yang kemudian berubah rasa lagi menjadi tawar setelah air keluar dari Batu Sawan. Diyakini, air dari Batu Sawan memiliki khasiat menyembuhkan dan pembersihan diri.

Batu Hobon



Obyek wisata batu hobon terletak didesa Sianjur mulamula sekitar 13 Km dari ibukota pangururan batu besat ini mirip sepeti peti besar lengkap dengan penutupnya. Objek wisata ini terkait legenda sejarah suku batak  konon menurut kisahnya raja batak menyimpan harta benda yang sangat berharga sampai sekarang tidak ada satu orang yang dapat membuka penutup batu.

Menurut mitos, tatkala Tuan Sariburaja meninggalkan perkampungan Sianjur Mulamula dan pindah ke Ulu Darat, dia meninggalkan semua harta pusaka yang diterima dari ayahnya, Guru Tateabulan. Harta pusaka yang ditinggalkan Tuan Sariburaja di Batu  Hobon meliputi :

Buku laklak yang diterima Guru Tatea Bulan dari Ompu Mulajadi  Nabolon;

  • Seperangkat ogung dan seperangkat alat musik  lain Ogung Emas tempaannya yang berubah wujud dari Ogung tembaga; 
  • Tombak bermata dua (Huhur Somba Baho);
  • Pisau (Piso Salam Debata);
  • Penangkal magis (Pagar, sada buli-buli na bolon marisi pagar);
  • Obat-obatan (Tawar);
  • Batu Gosok Emas (Pungga Haomasan)


Harta pusaka ini diterima Tuan Sariburaja dari ayahnya sebagai penerus kerajaan karena anak sulung, Raja Uti, telah dipilih Ompu Mulajadi Nabolon menjadi Imam Agung bagi keturunannya. Tuan Sariburaja; Naso jadi buhaon, so marsada angka pinomparna. Batu Hobon terletak di tepi perbukitan, sehingga bentang alam yang terbentuk merupakan lahan datar dan dengan latar belakang perbukitan.

Lanjut Baca ...

Kapan & Darimanapun Siap Melayani