Apakah Aman Naik Pesawat Terbang Saat Hujan

Apakah Aman Naik Pesawat Terbang Saat Hujan

Apakah Aman Naik Pesawat Terbang Saat Hujan

1444 Page view

Data menunjukkan bahwa transportasi udara dengan menggunakan pesawat terbang lebih aman dibandingkan dengan transportasi lainnya. Tapi, siapa yang peduli dengan data itu ketika pesawat yang Anda tumpangi mengalami guncangan atau bergemuruh ketika berada dalam cuaca hujan?

Seperti dilansir dari Conde Nast Traveller, meski hujan lebat, pesawat tetap aman untuk mengudara. Hujan lebat dan angin kencang yang Anda alami saat dalam perjalanan ke bandara, bukan berarti ini akan membuat penerbangan mengalami kecelakaan.

Maskapai penerbangan di dunia tentu sudah memprediksi hal ini. Perusahaan pembuat pesawat pun telah mendesain pesawat yang bisa beroperasi saat hujan bahkan ketika salju turun. Maskapai penerbangan pun sudah membuat prosedur keamanan untuk menghadapi kondisi cuaca tertentu. Apalagi untuk memutuskan pesawat bisa mengudara.

Air Traffic Controller (ATC) yang berada di bandara pun tak akan mengizinkan pesawat mengudara jika kondisi cuaca membahayakan. Tapi jika dalam kondisi cuaca hujan pesawat Anda tetap diberangkatkan, tak perlu khawatir, itu berarti kondisi memang memungkinkan untuk pesawat mengudara.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika mengudara di hari hujan agar Anda tidak panik dan tetap fokus dengan perjalanan Anda.

1. Penerbangan sedikit berguncang
Sama halnya ketika mengemudikan mobil di hari hujan. Banyak lubang tertutup air yang menyebabkan kendaraan tak sengaja menghantam lubang dan membuat kendaraan sedikit terguncang. Hal ini juga terjadi pada pesawat. Apalagi jika pesawat harus melalui awan-awan hujan, ini berarti pesawat akan berguncang atau tiba-tiba naik dan turun. Yang perlu dipahami adalah kondisi ini normal.

2. Petir tidak akan membuat pesawat jatuh
Para ahli mengatakan kemungkinan sebuah pesawat disambar petir jarang sekali terjadi. Dan bahkan ketika itu terjadi, petir tidak akan membakar pesawat yang Anda tumpangi. Pesawat dibuat untuk bisa menyerap lebih dari delapan kali energi yang dibawa oleh sambaran petir. Jika petir menyambar pesawat, energi yang dihamburkan sangat kecil, dan tidak akan mengganggu perangkat elektronik pesawat juga penumpang. Pilot Anda akan memilih untuk segera mendarat setelah terjadi sambaran, tapi kondisi ini lebih sebagai tindakan pencegahan bukan sebagai tanda marabahaya.

3. Pesawat dibangun untuk menghadapi kondisi tersebut
Cuaca buruk tidak akan membuat pesawat tercerai berai. Sayap dapat menahan tekanan yang ekstrem, begitu juga kabin pesawat. Sistem avionik yang canggih memungkinkan untuk melakukan pendaratan pada tingkat visibilitas yang rendah tanpa gangguan yang berarti. Pesawat bisa bermanuver lebih dari yang Anda pikirkan. Tapi, bagaimana pun kondisinya, awak pesawat akan tetap mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang dan menjaga penumpang tetap tenang.

4. Pilot dan pramugari
Penumpang yang tegang tidak akan membayangkan bahwa awak pesawat sedang berusaha mati-matian untuk melewati masa sulit penerbangan. Sebenarnya, bagaimanapun, pilot Anda mungkin khawatir namun tetap bisa mengendalikan pesawat dengan baik. Turbulensi merupakan hal yang umum dan dalam beberapa kasus, dapat ditangani oleh sistem autopilot pesawat. Para pramugari dan pramugara pun telah dilatih untuk menghadapi situasi terburuk.

5. Pendaratan
Pendaratan adalah bagian paling menantang dari setiap penerbangan, karena tingkat kesalahan yang terjadi bisa lebih tinggi. Pesawat bisa tetap mendarat dalam kondisi visibilitas yang rendah dengan menggunakan autopilot. Jarak pendaratan dan kecepatan juga disesuaikan untuk memastikan pesawat tidak tergelincir.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, hal yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang. Jangan terlalu banyak menganalisa tentang kondisi yang sedang terjadi karena ini akan membuat Anda lebih panik. Apalagi Anda bukan seorang ahli penerbangan.

Untuk meminimalisasi guncangan, Anda dapat memilih posisi duduk di bagian tengah pesawat. Jika guncangan terjadi, cobalah menenangkan diri dengan melihat awak kabin yang tetap proesional menjalankan tugasnya dan tak terpengaruh oleh guncangan.

Ketika pesawat mengalami sedikit masalah, hal yang paling terpenting adalah dengarkan instruksi awak kabin. Jangan jadi penumpang nakal yang membangkang. (CNN Indonesia)

Sumber : http://forum.tribunnews.com

Kapan & Darimanapun Siap Melayani